700 Tentara Jadi Percobaan Vaksin Anthrax Israel

15 May, 2007 at 11:27 pm (Warta Muslim)

Jerusalem – Diam-diam, Israel ternyata telah mengembangkan percobaan rahasia untuk menguji vaksin anthrax. Tak tanggung-tanggung, 700 tentara menjadi sukarelawan.

Demikian disampaikan mantan kepala bagian medis pada militer Israel, Giora Martinovich, dalam siaran radio setempat sebagaimana dilansir AFP, Selasa (15/5/2007).

“Percobaan itu dimulai pada akhir 1990-an. Tujuannya untuk menghadapi ketakutan atas kemungkinan serangan anthrax oleh presiden Irak saat itu, Saddam Hussein,” kata Martinovich.

Percobaan itu melibatkan 700 tentara berdasarkan kecermatan dan efek samping yang minim. “Partisipasi tentara dalam penelitian itu sepenuhnya sukarela dan dilakukan di bawah pengawasan medis yang teliti, etis dan aman,” kata sumber yang tak mau disebutkan identitasnya.

Tentara yang sukarela berpartisipasi diberikan penjelasan detil penelitian dan punya pilihan untuk mundur kapanpun ia mau. “Hasilnya, hari ini Israel memiliki kemampuan untuk melindungi warganya jika ada serangan antraks,” kata Martinovich.

Selama perang teluk 1991, Israel melengkapi warganya dengan masker anti gas. Hal itu untuk mengatasi kekhawatiran adanya serangan misil rezim Saddam Hussein yang berisi peledak non konvensional.

Ke depan, bukan tidak mungkin setelah Israel mengetahui bagaimana cara menangkal virus mematikan itu, justeru mereka akan mengarahkan virus itu untuk membidik umat Islam terutama muslim Palestina. [ahs/detik.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: