RASULULLAH TIDAK BANGUN BENTENG DAN ISTANA

8 May, 2007 at 12:21 am (Warta Muslim)

No.: 02/04/1428 H./04/2007 M. RABIUL AKHIR  


Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak membangun benteng pertahanan untuk menghadapi orang-orang kafir Quraisy ketika beliau hijrah dari Makkah ke Madinah beserta kaum Muslimin dan Muslimat.”

            “Ini menunjukkan bahwa Islam bukan untuk membangun militerisme guna menghancurkan dan menguasai orang-orang kafir,” demikian kata K.H. Abul Hidayat Saerodji ketika memberikan ceramahnya pada Ta’lim Wilayah Jawa Tengah di Tegal, Ahad, 5 Rabiul Akhir 1428 H. (22-04-2007 M.)..

            Nabi Muhammad Shallalallahu ‘alaihi wa sallam, juga tidak membangun istana. Tetapi yang beliau bangun adalah Masjid untuk beribadah kepada Allah. Hal ini menunjukkan bahwa amanat yang diemban para Nabi adalah membangun “Ummatan wahidah,” ummat yang satu dengan pimpinan yang satu pula, berdasarkan pada aqidah لا إله إلا الله  محـمـد الرسول الله  yang diikat dengan persaudaraan dengan semangat Ukhuwwah Islamiyah. Itulah masyarakat Al Jama’ah atau Jama’ah Muslimin yang berpihak kepada Allah, Hizbullah, yang pernah dicontohkan oleh para Anbiya dan Mursalin.

            Abul Hidayat juga mengingatkan bahwa berbagai musibah dan bencana yang terjadi di dunia sekarang ini adalah  peringatan Allah, agar manusia bertobat, menjadikan hidup lebih berguna berlandaskan pada iman dan Taqwa kepada Allah.

            Allah berfirman: “Jika sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa (kepada Allah), pastilah Kami (Allah) akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami), maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.” (Al A’raf: 96).

            Dikatakannya, berbagai fenomena krisis yang melanda manusia dewasa ini disebabkan karena manusia menuhankan materi dan hawa nafsunya.

            Solusi terbaik untuk mengatasi krisis dan membangun ummatan wahidah adalah meneladani Rasulullah di dalam membangun masyarakat Islam, dengan hidup berjama’ah, Jama’ah Muslimin yang berpihak kepada Allah. rd.s

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s